RSUD PANGLIMA SEBAYA

RSUD PANGLIMA SEBAYA
"Melayani dengan Ramah, Santun dan Senyum"

Kenali, Cegah dan Lindungi Diri dan Orang Tercinta dari HIV dan AIDS

Hallo Sahabat Panglima, tau kah kamu salah satu penyakit menular yang dapat mengancam kehidupan manusia?. Penyakit ini berasal dari virus yang sangat berbahaya dimana dapat menyerang dan melemahkan sistem pertahanan tubuh manusia. Dengan melemahnya pertahanan tubuh, sejumlah infeksi berpotensi mengancam jiwa bahkan dapat menyebabkan kematian. Virus ini biasa di kenal dengan Human Immunodeficiency Virus atau HIV.

HIV dapat menular melalui berbagai cara yakni dengan melakukan hubungan seksual yang dilakukan tanpa menggunakan kondom, melalui tusukan jarum suntik yang tidak steril serta penularan dari janin dan air susu ibu (ASI). Saat pertama kali terinfeksi, biasannya virus yang menyerang tidak menunjukkan reaksi dan gejala apapun. Gejala yang berat justru akan muncul setelah 5-10 tahun dari awal terinfeksi virus ini.

virus HIV tidak dapat disembuhkan melalui obat-obatan melainkan virus ini dapat dicegah dengan perawatan yang dapat mengendalikan virus sehingga orang yang hidup dengan HIV dapat sehat dan produktif dalam menjalankan seluruh aktivitasnya. Obat ini disebut anti-retroviral (ARV), dimana fungsi kerja dari obat ini sendiri ialah tidak menghancurkan virusnya tetapi memperlambat penambahan jumlah virus dan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh.

 Apabila tidak mendapatkan penanganan yang cepat, HIV akan berkembang menjadi AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. Pasien yang terpapar AIDS akan mengalami kondisi dimana tubuh tidak mampu melawan infeksi yang ditimbulkan. Dengan kata lain AIDS adalah stadium akhir dari Infeksi HIV.

Untuk orang dengan HIV dan AIDS di Kabupaten Paser yang hingga saat ini terus menjalani pengobatan di RSUD Pangima Sebaya adalah sebanyak 54 kasus.

Melihat keterangan diatas, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui berbagai penyebab dan pencegahan HIV/AIDS. Hal ini dilakukan agar kita dapat melakukan tindakan preventif dan menjauhi segala hal yang dapat membuat kita terpapar HIV/AIDS. Namun jika Sahabat Panglima yang telah terdiagnosa HIV/AIDS maka sangat disarankan untuk terus melakukan pengobatan rutin di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Untuk menambah wawasan serta pengetahuan para Sahabat Panglima terkait penyakit HIV/AIDS ini maka Divisi PKRS dan Tim HIV/ AIDS RSUD Panglima Sebaya memberikan informasi melalui buku saku HIV/AIDS yang dapat diakses melalui link berikut: https://bit.ly/4dviVw3

 

Silahkan diakses link diatas ya, untuk menjawab keraguan sahabat panglima terkait penyakit HIV/AIDS.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments