RSUD PANGLIMA SEBAYA

RSUD PANGLIMA SEBAYA
"Melayani dengan Ramah, Santun dan Senyum"

Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan RSUD Panglima Sebaya Menuju Paser MAS

  Masyarakat Indonesia kembali merayakan Kemerdekaan yang ke-77 tahun, dengan semangat kemerdekaan “pulih lebih cepat bangkit lebih kuat” untuk membuat Indonesia bangkit kembali setelah sangat berusaha keras melewati pandemi covid-19, meskipun jumlah kasus covid-19 mulai mengalami penurunan namun covid-19 masih ada, tetap jaga protokol kesehatan, Mencuci tangan, Memakai masker, Menghindari Kerumunan dan segera vaksin Covid-19.

  Sebagai Sekretaris Panitia HUT Kemerdekaan RSUD Panglima Sebaya, Fatimah menuturkan selain mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Paser perlombaan mobil hias, RSUD Panglima Sebaya juga mengadakan perlombaan untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan perlombaan yang diikuti oleh seluruh pegawai RSUD Panglima Sebaya antara lain Kebersihan ruangan, lomba pasang lepas APD, lomba makan kerupuk, lomba memasukkan paku ke dalam botol, balap karung, dan memindahkan air ke dalam baskom. 

Dalam upaya mencerdaskan masyarakat dan membuat Kabupaten Paser unggul dalam teknologi, RSUD Panglima sebaya mengajak masyarakat untuk sama sama memanfaatkan kemudahan teknologi pendaftaran online rawat jalan, dalam hal ini pendaftaran online melalui website rsudpanglimasebaya dan mobile JKN, yang bisa dilakukan dari rumah sehingga mengurangi waktu tunggu di RSUD Panglima Sebaya Oleh sebab itu di himbau kepada masyarakat kabupaten paser agar menggunakan pendaftaran online melalui website ini Jika ada kesulitan silahkan menghubungi hotline RSUD Panglima Sebaya (0543) 23294 atau via wa di 082333330409

  Pada tanggal 17 Agustus 2022 akan dilakukan peresmian dibuka nya fasilitas Laboratorium Patologi Anatomi di RSUD Panglima Sebaya Tanah Grogot, yang akan diresmikan oleh Direktur RSUD Panglima Sebaya, yang juga bertepatan dengan HUT RI ke-77. Diharapkan dengan dibuka nya Laboratorium Patologi Anatomi ini, penanganan pasien yang memelurkan pemeriksaan lebih lanjut untuk penegakan diagnosis dari Dokter Penanggung Jawab Pasien lebih tepat dan cepat, agar penanganannya bisa dilakukan sedini mungkin.

 Sebagai pemberi layanan kesehatan yang berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan, RSUD Panglima Sebaya selalu berupaya untuk melakukan tinjauan dan monitoring setiap aspek pelayanannya. salah satunya adalah dengan melakukan pemantauan berdasarkan data pelayanan, termasuk data indikator mutu, pemantauan indikator mutu tersebut dilakukan melalui rapat rutin evaluasi capaian indikator mutu nasional yang dilakukan oleh komite mutu dengan manajemen dan unit terkait di setiap bulannya, adapun capaian yang sudah memenuhi standar sampai bulan Juli 2022 adalah sebagai berikut :

  RSUD Panglima Sebaya merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang mempunyai tanggungjawab untuk memberikan pelayanan yang berorientasi pada kepuasaan masyarakat sebagaimana misi RSUD Panglima Sebaya yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan, yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan salah satu tolak ukur kepuasan yang berefek terhadap keinginan pasien untuk kembali kepada institusi yang memberikan pelayanan kesehatan yang efektif untuk mengetahui kualitas pelayanan apakah telah diimplementasikan dengan baik, maka dinilai indeks kepuasan masyarakat melalui kuesioner yang dibagikan di setiap unit. Nilai IKM RSUD Panglima Sebaya pada bulan Juli adalah 81,75%dengan standar nasional yang ditetapkan adalah 76,61% dengan ini indeks kepuasan masyarakat pada bulan Juli telah mencapai target sesuai standar

  RSUD Panglima sebaya sedang menuju ke Rumah Sakit tipe B dari sebelumnya berstatus sebagai RSUD tipe C Dengan bertambahnya Pelayanan  Medis dan Penunjang yang ada di RSUD Panglima sebaya saat ini dan SDM yang kita miliki sesuai dengan ketentuan pemerintah RI no 47 tahun 2021 dan PERMENKES No 14 Tahun 2021 Dalam rangka persiapan kenaikan kelas maka akan di adakan visitasi kenaikan kelas B pada tanggal 4 September 2022 Untuk menghadapi visitasi ini RSUD Panglima Sebaya melakukan berbagai macam persiapan dengan mengadakan rapat rutin manajemen dan para kepala instalasi beserta kepala ruangan, dan menyiapkan regulasi dan perbaikan sarana dan prasarana.